Cara Membagi/Sharing Koneksi Internet Modem Antara Dua PC/Laptop (Peer To Peer)

Written By Edi Susilo Wadi on Minggu, 07 April 2013 | Minggu, April 07, 2013

Pernahakah anda berebut laptop atau komputer dirumah? misalnya anda memang punya 2 laptop tapi hanya memiliki satu buah modem saja, jadi 1 laptop yang sudah terpasang modem dipakai oleh dua orang atau saling gantian/pinjam modem, tentu itu tidak nyaman bukan? kecuali dirumah anda memiliki modem masing masing. Kali ini saya akan share cara membagi koneksi internet antar dua komputer/laptop. Jika anda tidak mengeti tetang dunia IT jangan takut, artikel ini memang saya tunjukan untuk orang biasa/awam. Baiklah sebelum saya bahas, saya mau membuat istilah Server-Client, artinya komputer yang memiliki modem itu disebut Server dan komputer yang kedua atau yang lainnya disebut Client.
Ikuti langkah langkah berikut ini :
  1. Cek dua buah PC/laptop anda apakah sudah memiliki konektor LAN/RJ45 atau belum, jika belum maka anda harus membeli LAN Card (untuk PC) atau USB LAN (bisa untuk PC dan Laptop), harga nya murah paling cuma 50rb saja. Tapi biasanya kalau laptop sudah memiliki konektor LAN/RJ45 ini.
  2. Kabel UTP/LAN yang kedua ujungnya sudah dipasang konektor Pin RJ45, beli saja yang sudah jadi banyak di TOSERBA atau toko komputer terdekat anda. Biasanya sudah pakai label "Kabel UTP/LAN PC to PC", "Kabel UTP/LAN PC to HUB", "Kabel UTP/LAN PC to Switch", anda beli satu saja "Kabel UTP/LAN PC to PC (" ukuran panjangya terserah biasanya paling pendek itu ada yang 1.5 meter.
  3. Setelah itu sambungkan kedua PC/Laptop itu dengan memasang kabel UTP LAN tersebut ke masing masing konektor nya.

Setelah persiapan selalai kemudian ikuti langkah selanjutnya dibawah ini :
  1. Nyalakan PC/Laptop anda dan tutup/disconnect internet anda terlebih dahulu.
  2. Buka "Windows Explorer", klik kanan di "My Network Places", klik "Properties"
  3. Setelah muncul windows baru, pilih dan klik koneksi internet anda, contohnya saya menggunakan modem dial-up Smartfren Conex, klik kanan pada ZTE Wireless Terminal, klik "Properties"
  4. Setelah kotak dialog muncul, klik tab "Andvanced", klik/checklist/centang "Allow other network users to connect through this computer's internet connection", setelah itu ok dan ok kemudian akan muncul pesan seperti dibawah ini yang artinya seting IP-Address anda akan diubah menjadi (dalam kasus dibawah 192.168.0.1). Jadi intinya anda harus mengubah/menyesuaikan IP-Addess komputer client juga agar dapat terkoneksi dengan komputer server.
  5. Setelah itu sharing internet selesai dan anda (komputer server) dapat melakukan koneksi internet seperti biasa.
  6. Sekarang saatnya untuk mengkonfigurasi seting IP-Addess komputer client, caranya adalah buka "Windows Explorer", klik kanan di "My Network Places", klik "Properties"
  7. Setelah itu klik kanan di "Local Area Connection" (LAN or high speed internet), klik "Properties"  
  8. Setelah muncul kotak dialog, pada tab "General", klik"Internet Protocol (TCP/IP), klik "Properties" dan akan muncul kotak dialog baru kemudian isikan/sesuaikan IP-Addess seperti gambar dibawah ini :
  9. Setelah itu maka selesai semua konfigurasi, anda dapat membagi koneksi internet anda dengan dua atau beberapa komputer.
Jika anda memiliki PC/Laptop lebih dari dua, maka anda harus menggunakan Switch. Anda cukup membeli satu box switch dan beberapa kabel UTP/LAN "PC To Switch" sesuai kebutuhan (banyaknya jumlah PC/Laptop yang akan dikoneksikan), sedangkan untuk konfigurasi, IP-Address dan lain lain sama seperti point diatas. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
 Sumber : http://djiesoft.blogspot.com
Blog, Updated at: Minggu, April 07, 2013

0 komentar:

Poskan Komentar